Welcome To Official Site Universitas Malikussaleh - UNIMAL

Rapat Kedua Bulan Januari, Rektor Ingatkan Tingkatkan Akreditasi

UNIMALNEWS | Reuleut – Rapat pimpinan Universitas Malikussaleh yang kedua pada bulan Januari 2023 ini dimulai dari penyampaian tentang hasil realisasi laporan kinerja Unimal pada 2022. Rapat ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian, Kompleks Reuleut, Aceh Utara, pada Jumat (28/1/2023).

Rapat itu turut dihadiri sebagian besar unsur pimpinan, mulai dari wakil rektor, dekan, kepala lembaga, dan kepala UPT.

Pada rapat tersebut, Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra, kembali mengingatkan untuk mengoptimalkan target-target Indeks Kinerja Utama (IKU) institusi, sebab melihat pada laporan kinerja 2022, banyak hal yang masih harus diperbaiki.

Rektor Ingatkan Tingkatkan Akreditasi pada Rapat Kedua Bulan JanuariHal-hal yang penting untuk ditingkatkan adalah pada portofolio tracer study yang masih belum optimal. “Daya serap lulusan masih rendah, padahal Unimal semakin hari semakin dikenal di seluruh Nusantara sebagai kampus berkembang maju”, tambah Herman.

Hal-hal lain yang juga disampaikan pada rapat itu adalah output penelitian yang masih belum maksimal. “Publikasi bereputasi dan hak paten yang diharapkan sebagai output penelitian masih belum mencapai target. Karena jika targetnya Unimal hebat, penelitian harus mampu diaplikasi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain pembelajaran juga dilihat masih perlu ditingkatkan. Kualitas pengajaran sebagian dosen memang sudah bermutu, tapi sebagian lain masih perlu up grading. Hal itu harus ditunjang dengan kemampuan dosen untuk mengaplikasikan model Kurikulum Merdeka sesuai dengan pola terkini dunia kerja dan harapan pada lulusan.

Terakhir Rektor Unimal berpesan bagi pengelola jurusan untuk bisa mempersiapkan borang akreditasi semakin baik agar meraih status unggul. “Kami kira pesan untuk mempersiapkan satu halaman satu hari bagi para pengelola jurusan dan prodi masih terus berlaku, karena mereka adalah ujung tombak penting dalam pengembangan mutu pelayanan pendidikan prodi di Unimal. Apalagi tahun ini kita harus bisa bersaing secara luas, baik tingkat regional hingga internasional,” tutupnya. [tkf]