Welcome To Official Site Universitas Malikussaleh - UNIMAL

Dosen Fakultas Ekonomi Berikan Pelatihan Manajemen Koperasi Modern

UNIMALNEWS | Meureudu – Dua dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh memberikan materi “Pelatihan Manajemen Koperasi Modern” dalam  rangka   mentransformasikan  digitalisasi koperasi. Pemahaman pengelola tentang teknologi digital memberikan peluang yang lebih besar bagi koperasi untuk berkembang.  

Pelatihan tersebut diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Pidie Jaya selama empat hari , 8-11 Oktober 2022. Para pesertanya merupakan pengurus koperasi di Kabupaten Pidie Jaya.

Dosen Fakultas Ekonomi Berikan Pelatihan Manajemen Koperasi Modern"Tujuan digelar pelatihan ini untuk dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang  digital  marketing serta peningkatan  kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia  koperasi. Dari pelatihan ini, diharapkan mampu meningkatkan  daya saing  koperasi  di Pidie Jaya,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Pidie Jaya, Rizal Fikar MM.

Dosen Jurusan Manajemen, Dr Adnan, menyampaikan materi tentang pentingnya digitalisasi untuk mendukung pemasaran bagi koperasi. Menurutnya, koperasi juga membutuhkan inovasi dalam pemasaran agar bisa tetap survive.

“Dengan adanya digitalisasi dalam pemasaran, koperasi bisa memasuki pasar digital yang lebih besar dan tak terbatas,” jelas Adnan, Rabu (9/11/2022).

Ia mengingatkan koperasi juga harus melakukan inovasi dalam aspek pemasaran agar bisa bersaing. Banyak peluang yang akan diperoleh koperasi jika masuk ke pasar digital.

Sementara Dr Murhaban memaparkan tentang digitalisasi sistem keuangan bagi koperasi. Menurutnya, saat ini banyak sekali aplikasi digital yang menawarkan kemudahan dalam mengelola sistem keuangan.

“Sistem keungan digital akan membuat pengurus koperasi lebih mudah dalam mengelola keuangan. Sistem keungan digital memberikan kecepatan pelayanan, kenyamanan, dan keamanan saat bertransaksi,” jelas Murhaban yang juga Ketua Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnia Universitas Malikussaleh.

Ditambahkan, digitalisasi sistem keuangan mampu mempercepat pertumbuhan koperasi. Dengan menggunakan aplikasi digital dalam sistem pemasaran dan sistem keuangan, koperasi bisa lebih maju dan modern. [ayi]