Welcome To Official Site Universitas Malikussaleh - UNIMAL

Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Rektor Unimal: Semangat Kesatuan itu Ada di Gotong Royong

Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Rektor Unimal: Semangat Kesatuan itu Ada di Gotong Royong

Lhokseumawe - Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng memimpin upacara peringati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2023 yang dihelat di Lapangan bola kaki kampus Bukit Indah, Lhokseumawe. 

upacara ini dihadiri oleh para dosen PNS dan non PNS, para Tendik, dan semua pimpinan yang ada di lingkungan Unimal.

Dalam kesempatan itu, Prof Herman Fithra menyampaikan menyampaikan bahwa tema hari ini adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" yaitu bagaimana Pancasila mempersatukan bangsa untuk menuju Indonesia maju 2045. 

“Kalau bicara Pancasila ada lima dasar atau lima sendi yang mempersatukan keanekaragaman bangsa Indonesia yang sebenarnya adalah gotong royong. Semangat gotong royong harus diterapkan di Universitas Malikussaleh,” katanya.

Herman menjelaskan, 21 tahun yang lalu semangat gotong royong di Unimal sangat terasa walau sangat sedikit jumlah orang tapi semangat kebersamaannya sangat tinggi tapi seiring dengan perkembangan itu juga semakin memudar.

“Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak agar kita kembali kepada semangat gotong royong. Kenapa?, karena tantangan kedepan semakin besar. Apalagi tahun ini terjadi proses transisi dari Universitas Malikussaleh sebagai satuan kerja menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU),” ungkap Prof Herman.

Lanjutnya, “Kami selaku yang diberikan amanat oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk menjalankan organisasi manajemen sampai tahun 2026 tentu harus mempersiapkan kondisi ini sebaik-baiknya seiring dengan kita menjadi baik,”.

Prof Herman berharap, dua tahun kedepan Unimal bisa menjadi PTN BH artinya kedepan perguruan tinggi itu dituntut untuk mandiri tidak lagi hanya meminta kepada negara pemberian pembiayaan nya.

“Oleh karena itu semangat melayani semangat bekerja dengan profesional itu harus ditumbuhkan jadi tidak ada lagi asal melaksanakan pekerjaan selesai tapi apa hasilnya itu harus jelas ukurannya kedepannya,” tutur Rektor.

Herman menambahkan, meminta agar semua menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana mestinya dosen adalah Tri Darma perguruan tinggi tugas pokoknya ada mengajar, tendik itu di jam kerja harus ada di Universitas Malikussaleh kecuali yang melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Mari kita wujudkan bersama untuk menuju rumah hebat di tahun depan 2024. Kita sangat berharap di tahun 2026 Universitas Malikussaleh bisa mandiri dalam sisi keuangan,” pungkas Prof herman.[tmi]