Welcome To Official Site Universitas Malikussaleh - UNIMAL

Unimal Jalin Kerja Sama dengan Harian Serambi Indonesia

UNIMALNEWS | Banda Aceh - Universitas Malikussaleh menjalin kerja sama dengan Harian Serambi Indonesia, Jumat (20/1/2022) yang berlangsung di ruang pertemuan kantor Serambi, Lambaro, Aceh Besar.

Pada pertemuan tersebut hadir dari pihak Unimal adalah Teuku Kemal Fasya (Kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Unimal), Bobby Rahman (Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Komunikasi), dan Dedi Fariadi (Kabid Penerbitan UPT BKP). Mereka disambut oleh pihak Serambi yaitu Mohd Din (GM Bisnis), M. Bukhari, Firdaus, dan Jaffar.

Unimal Jalin Kerja Sama dengan Harian Serambi IndonesiaDalam kesempatan itu, Teuku Kemal Fasya mengatakan, di era program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) yang dijalankan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang telah berlangsung sejak tahun 2020, perguruan tinggi diminta untuk lebih kreatif dalam membangun kerja sama dengan pelbagai pihak. Saat ini pusat keunggulan ditunjukkan dengan kemampuan membangun kerja sama, bukan hanya dengan lembaga pendidikan lain, baik dalam luar negeri, pemerintah, tapi juga dengan pihak swasta dan industri. 

“Kampus yang tidak kreatif membangun kerja sama akan semakin tertinggal di era disrupsi dan interkoneksi seperti saat ini,” kata Kemal.

Sementara, General Manager Bisnis Harian Serambi Indonesia, Mohd Din menyampaikan, saat ini dunia pers sendiri juga mengalami banyak perubahan dan harus melakukan transformasi jika ingin bertahan. 

“Lembaga pers juga melakukan banyak proses adaptasi dan resiliensi, dengan menciptakan model industri multiplatform sehingga tetap bisa survive dengan perubahan makna jurnalisme di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Pada saat ini program MBKM memang membuka ruang kemitraan dengan pelbagai pihak misalnya untuk program magang mandiri, praktisi mengajar, On Job Training (OJT) terutama untuk mahasiswa ilmu komunikasi, pelatihan jurnalistik, dan kesempatan bagi dosen di Unimal sebagai narasumber pakar.[tmi]