Welcome To Official Site Universitas Malikussaleh - UNIMAL

Unimal Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan IPB University

UNIMALNEWS | Bogor - Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng melakukan penandatanganan kerja sama dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB University), Prof Dr Arif Satria, pada Rabu (18/1/2023). Penandatanganan itu dilakukan di  Agribusiness and Technologi Park (ATP) IPB University. 

Adapun kerja sama yang disepakati dalam perjanjian tersebut adalah pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yakni, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, hal lain yang juga disepakati adalah dalam pelaksanaan implementasi Program Kampus Merdeka.

Unimal Tandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan IPB UniversityProf Arif Satria yang baru saja dilantik untuk periode kedua beberapa jam sebelum penandatanganan itu mengatakan bahwa pelaksanaan MoU sengaja dilakukan di ATP IPB University dengan tujuan agar dapat melihat lagsung perkembangan unit tersebut yang saat ini telah memiliki banyak produk. 

Agribusiness and Technology Park (ATP) merupakan kawasan etalase inovasi IPB yang melaksanakan kegiatan bisnis di bidang hortikultura, pelayanan pendidikan, dan pengabdian masyarakat. “ ATP bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani hortikultura dengan membangun sistem yang bersinergi dalam pemasaran serta menjadi etalase dan sarana diseminasi teknologi dan pemasaran, yang dicapai melalui lima kegiatan utama yakni  Diseminasi inovasi, Pendampingan petani, Pendidikan dan kaji terap teknologi hortikultura, Sistem pemasaran efektif, dan Peningkatan nilai tambah produk pertanian," jelas Prof Arif.

Sementara itu, Prof Dr Herman Fithra mengatakan bahwa penandatanganan perjanjian kerja sama ini adalah untuk memperbaharui perjanjian sebelumnya yang sudah berakhir pada 24 Januari 2022. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari IPB terutama dalam hal kurikulum pendidikan dan penelitian. “Banyak dosen Universitas Malikussaleh khususnya dosen Fakultas Pertanian yang melanjutkan studinya ke IPB,” ujar Prof Herman.

Di akhir kegiatan itu, Rektor IPB memberikan beberapa produk yang dihasilkan oleh ATP IPB kepada Rektor Universitas Malikussaleh. [ryn]